ArticlesOctober 23, 2020by skytree

8 Tantangan Pemasaran Digital

Sama seperti pemasaran konvensional, pemasaran secara digital pun tak lepas dari permasalahan. Pelajari 8 permasalahan umum dalam pemasaran digital serta solusi sederhananya berikut.

Sama seperti pemasaran konvensional, pemasaran secara digital pun tak lepas dari permasalahan. Pelajari 8 permasalahan umum dalam pemasaran digital serta solusi sederhananya berikut.

Menciptakan Traffic & Leads

Menciptakan atau mendatangkan traffic dan leads dalam pemasaran digital memang tidak selalu mudah. Salah satu hal yang dapat dilakukan terlebih dahulu ialah menyesuaikan jenis konten yang Anda buat dengan jenis konten yang diinginkan target audiens perusahaan Anda. Kemudian, pastikan kontenmu tersebar di saluran yang tepat.

Mengukur ROI dari Aktivitas Pemasaran

Mengukur Return on Investment (ROI) atau pengembalian keuntungan juga merupakan salah satu tantangan utama dalam pemasaran digital.

Untuk mengukur ROI tersebut, Anda dapat menggunakan perangkat lunak yang mumpuni untuk memantau dan mengukur kegiatan pemasaran digital serta penjualan online yang terjadi. Pengumpulan data yang disiplin dapat mendukung perhitungan ROI yang lebih mudah.

Memastikan Ketersediaan Budget Pemasaran

Selain budget produksi, budget khusus pemasaran juga perlu disediakan. Pastikan ketersediaan budget dengan menyediakan laporan ROI dari aktivitas pemasaran digital Anda. Menurut survey, organisasi yang menghitung ROI biasanya dapat mengalokasikan budget pemasaran yang lebih besar.

Mengelola Website

Dalam pemasaran digital, pengelolaan website jadi hal yang penting untuk memaksimalkan perolehan leads dan penjualan.

Jika belum familiar atau tidak mempunyai keahlian untuk mengelolanya, Anda dapat mengikuti pelatihan pengelolaan website, atau langsung merekrut jasa pihak eksternal. Mengelola website dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat-perangkat yang mengintegrasikan website Anda dengan saluran-saluran pemasaran lainnya.

Memilih Teknologi yang Tepat

Memilih teknologi pemasaran yang tepat dapat menjadi keputusan yang membingunkan. Sebelum memilihnya, Anda bisa memulai dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  • Pastikan kegunaan teknologi dapat mendukung kebutuhan perusahaan.
  • Pilih teknologi dengan komponen interface yang mudah dipahami oleh tim yang Anda miliki.
  • Gunakan teknologi yang memfasilitasi terjadinya otomasi dalam proses Digital Marketing Anda.

Menentukan Konten yang Tepat Untuk Target Audiens Anda

Sebelum menentukan konten yang tepat untuk target audiens Anda, coba kenali dan cari tahu karakter mereka. Mulai dari waktu audiens Anda aktif, tren yang sedang diikuti, hingga gaya bahasa digunakan. Hal tersebut akan berpengaruh pada ketertarikan audiens terhadap konten yang Anda buat. Jika sudah tertarik, maka audiens akan memberikan respon berupa likes, share, hingga komentar.

Melatih Anggota Tim

Dalam mengelola pemasaran digital, diperlukan tim solid yang memiliki keahlian tepat.

Untuk membentuk tim tersebut, Anda perlu mengidentifikasi pelatihan yang tepat. Ketahui keahlian dan motivasi anggota tim Anda, dan baru terapkan jenis pelatihan yang paling cocok untuk setiap individu. Pelatihan dapat berupa kelas offline, e-learning, buku, dan sebagainya.

Merekrut Orang dengan Kemampuan yang Tepat

Untuk meningkatkan efektivitas Digital Marketing perusahaan, Anda tentu memerlukan orang-orang dengan kemampuan yang tepat. Pastikan Anda mengidentifikasi dengan teliti orang dengan kemampuan seperti apa yang dibutuhkan perusahaan saat ini, lalu jangkau mereka di saluran tempat orang-orang tersebut mencari pekerjaan. Gunakan juga kebijakan masa kerja percobaan untuk semakin memastikan kecocokan anggota baru Anda.

Selain 8 hal di atas, salah satu tantangan utama dalam Digital Marketing adalah perubahan tren yang sangat cepat. Bukan hanya dari sisi teknologi, perilaku konsumen pun kini sangat sering berubah. Maka dari itu, pastikan juga Anda selalu bersikap dinamis dan responsif dalam melakukan pengelolaan aktivitas Digital Marketing perusahaan Anda.

.