ArticlesNovember 20, 2020by skytree

Pendekatan Digital Tiket.com untuk Meningkatkan Penjualan

Persaingan perusahaan Online Travel Agent (OTA) memang tergolong ketat. Salah satu yang mungkin sering Anda dengar adalah Tiket.com yang merupakan salah satu perusahaan OTA terbesar di Indonesia. Simak ulasan tentang teknik pemasaran Tiket.com dan pendekatan di era digital.

Persaingan  perusahaan Online Travel Agent (OTA) memang tergolong ketat. Amati saja beberapa nama perusahaan OTA raksasa yang bersaing menarik perhatian pelanggan dengan menyediakan sistem dan fasilitas pemesanan dan pembelian tiket secara online. Salah satu yang mungkin sering Anda dengar adalah Tiket.com yang merupakan salah satu perusahaan OTA terbesar di Indonesia. Simak ulasan tentang teknik pemasaran Tiket.com dan pendekatan di era digital.

Their Story

Tiket.com menawarkan pilihan reservasi dan tiket yang beragam, mulai dari pembelian tiket maskapai penerbangan, kereta api, sewa mobil, hotel, event, atraksi, dan masih banyak lagi. Agar terlihat menonjol di pasar perjalanan online yang kompetitif, Tiket.com membutuhkan cara baru untuk mengoptimalkan konversi dan menghasilkan lebih banyak penjualan melalui pendekatan di dunia digital.

Their Goal

Tiket.com memiliki beberapa tujuan dalam kampanye digital mereka, salah satunya yaitu menentukan metode terbaik untuk meningkatkan konversi dan pendapatan melalui Facebook Ads. Di sisi lainnya, mereka juga ingin mengetahui efektivitas pengoptimalan konversi dibandingkan pengoptimalan klik pada sebuah iklan.

Gaery Undarsa, Co-founder & Chief Communication Officer dari Tiket.com menyebutkan bahwa sebelumnya mereka memiliki masalah dalam menganalisis kampanye iklan dan meningkatkan konversi. Namun dengan lebih memfokuskan kampanye iklan dengan objektif meningkatkan konversi, mereka semakin mudah mencapai hasil yang lebih baik.

Persaingan  perusahaan OTA (Online Travel Agent) memang tidak bisa dikatakan mudah. Lihat saja beberapa nama raksasa yang bersaing menarik perhatian customer untuk menyediakan dan menyelenggarakan sistem dan fasilitas pemesanan dan pembelian tiket secara online. Salah satu yang mungkin sering Anda dengar adalah Tiket.com yang merupakan salah satu perusahaan OTA terbesar di Indonesia. Yuk, kita simak bagaimana Tiket.com melakukan teknik pemasaran dan pendekatan di era digital.

Their Solution

Tiket.com selalu mencari cara baru untuk meningkatkan efisiensi kampanye iklan dan penjualan online di pasar yang kompetitif. Untuk meningkatkan konversi dari kampanye yang selalu aktif, Tiket.com mengoptimalkan iklannya dengan 2 tujuan berbeda, yaitu untuk mengajak pengguna internet mengunjungi website dan melakukan checkout.

Untuk iklan yang bertujuan meningkatkan jumlah klik, Facebook menargetkan orang-orang yang cenderung mengambil tindakan klik. Sedangkan untuk iklan yang bertujuan meningkatkan pembayaran, Facebook menargetkan orang-orang yang kemungkinan besar melakukan penjualan aktual.

Demi mencapai dua tujuan tersebut, Tiket.com menggunakan iklan carousel yang menampilkan promosi penerbangan dengan konsep visual yang indah dari masing-masing tujuan perjalanan. Konsep iklan tersebut disertai call to action untuk melakukan booking sesegera mungkin. Tiket.com menargetkan dua kampanye tersebut ke segmen audiens utama. yaitu orang-orang berusia 23 – 45 tahun dengan minat besar terhadap perjalanan, liburan, dan hotel. Selanjutnya, perusahaan perjalanan online ini mengimplementasikan Facebook Pixel di website-nya untuk melacak konversi secara akurat.

Their Success

Walaupun biaya per klik untuk iklan yang mengajak pengguna Facebook menuju ke website terbilang rendah, transaksi pemesanan dan pembayaran di Tiket.com meningkat. Pada periode kampanye Facebook Ads selama 3 minggu (Februari – Maret 2017), Tiket.com mencapai peningkatan pendapatan sebesar 2,8 kali lipat , peningkatan transaksi di website 2 kali lipat, peningkatan pemesanan penerbangan 6 kali lipat, dan peningkatan trafik website sebesar 41%.

Tiket.com membuktikan bahwa iklan digital melalui Facebook Ads dapat dioptimalkan dengan konversi langsung ke penjualan, bukan sekedar peningkatan klik dan trafik saja.

Berkaca dari pencapaian Tiket.com, apakah Anda sudah siap mengoptimalkan bisnis Anda dengan Facebook Ads?

.