ArticlesNovember 29, 2020by skytree

Peran Penting Google Analytics 360 dalam Inovasi Pemasaran Digital Lenovo

Ternyata, perusahaan sebesar Lenovo juga pernah mengalami masalah dalam mengidentifikasi efektivitias pemasaran digital. Kisah sukses Lenovo melakukan inovasi penasaran digital tentu akan menginspirasi Anda saat menjalankan bisnis.

Ketika mendengar kata Lenovo, Anda pasti langsung membayangkan salah satu perusahaan teknologi raksasa di dunia. Lenovo memang merupakan perusahaan produsen Personal Computer (PC) nomor 1 dengan pelanggan yang sudah tersebar di lebih dari 160 negara.

Ternyata, perusahaan sebesar Lenovo juga pernah mengalami masalah dalam mengidentifikasi efektivitias pemasaran digital. Kisah sukses Lenovo melakukan inovasi penasaran digital tentu akan menginspirasi Anda saat menjalankan bisnis.

1. Their Story

Sebagai perusahaan yang termasuk Fortune 500 Companies, Lenovo menyadari pentingnya pengukuran efektivitas penjualan. Data-data yang diperoleh Lenovo sangat berpengaruh terhadap identifikasi peluang baru di bidang pasar elektronik. Lewis Broadnax, direktur eksekutif web sales and marketing Lenovo menjelaskan bahwa aturan pengukuran berbasis model memungkinkan setiap pengelola channel mengklaim kredit penjualan yang sama.

Analisis dari masing-masing channel menunjukkan peningkatan penjualan sebesar 371% dibandingkan penjualan aktual. Hal tersebut malah menyulitkan Lenovo untuk mengetahui channel yang benar-benar efektif mendukung peningkatan omzet.

2. Their Goal

Lenovo juga memiliki kendala blind spot yang membuatnya tidak mengetahui identitas pelanggan dan jenis produk yang dipilih. Meskipun terkesan sederhana, tetapi hal tersebut justru menjadi kendala besar bagi perusahaan sekelas Lenovo. Sebab Lenovo memiliki berbagai jenis produk selain PC, yaitu tablet PC dan smartphone. Agar pelanggan berpeluang membeli produknya kembali di lain kesempatan, Lenovo harus mampu menjangkau pangsa pasar secara tepat sasaran.

3. Their Solution

Implementasi Google Analytics 360 mampu membantu Lenovo menyelesaikan masalah pengukuran lintas channel. Google Attribution 360 yang merupakan bagian dari Google Analytics 360 memberikan solusi bagi Lenovo untuk:

  • Mengidentifikasi program pemasaran secara keseluruhan.
  • Mengoptimalkan pembelanjaan antar-channel, bukan hanya pada channel
  • Mengalokasikan anggaran pemasaran secara efektif untuk meningkatkan omset penjualan.

4. Their Success

Dalam kurun waktu enam bulan, Google Attribution 360 dapat menunjukkan gambaran performa pemasaran Lenovo yang baru. Data-data yang diperoleh dari analisis website dan server iklan mampu menganalisis penjualan di setiap channel secara akurat. Dari data tersebut, Lenovo dapat memutuskan empat hal berikut ini:

  • Memperkuat Brand Awareness
    Sistem navigasi langsung dan organic search sangat berpengaruh bagi brand besar sekelas Lenovo. Karena kedua sistem tersebut dapat memicu peningkatan omset penjualan. Informasi mengenai brand awareness bagi masyarakat sangat penting untuk menjaga citra sebagai perusahaan teknologi terdepan.
  • Memadukan Sistem Pemasaran yang Tepat
    Agar dapat mencapai omzet penjualan yang besar, Lenovo berkomitmen memadukan sistem pemasaran yang tepat. Hal ini dilakukan berdasarkan data penjualan yang menyatakan bahwa 75% pendapatan Lenovo diperoleh dari pembelian lintas channel. Informasi tersebut menunjukkan bahwa pelanggan Lenovo memang terhubung dengan banyak channel pembelian.
  • Menampilkan Fitur Perbandingan Produk untuk Pelanggan
    Fitur perbandingan produk atau Comparison Shopping Engines (CSEs) memang tidak berpengaruh besar bagi omzet penjualan. Namun, fitur tersebut ternyata ampuh meningkatkan investasi pengembalian iklan atau Return On Advertising Spent (ROAS) sebesar 20% pada channel terbaik Lenovo. Selanjutnya, Lenovo pun bertekad memaksimalkan fungsi CSEs supaya dapat memberikan kontribusi yang lebih besar.
  • Menyampaikan Kesan Mewah
    Tak banyak yang mengetahui bahwa kesan mewah suatu produk berpengaruh terhadap omzet penjualan. Google Attribution 360 menunjukkan bahwa 5% pendapatan online berkaitan dengan kesan produk yang mewah. Persepsi tentang produk branded yang mewah akan mempengaruhi citra Lenovo secara keseluruhan.

Kesadaran lenovo terhadap pentingnya analisis pemasaran digital membuatnya mampu menentukan strategi yang lebih efektif dan futuristik. Lenovo sudah membuktikan bahwa perusahaan besar pun wajib melakukan inovasi berkelanjutan demi mempertahankan eksistensi.

Lantas, bagaimana dengan bisnis Anda? Siapkah Anda memperbaiki sistem pemasaran bisnis untuk mencapai hasil maksimal?

.