ArticlesNovember 20, 2020by skytree

Relevance Score Sebagai Salah Satu Metrik Iklan di Facebook

Konsep periklanan modern di internet kini tak sekadar berfungsi sebagai sarana promosi saja, karena relevansi antara iklan dan audiensnya juga merupakan suatu elemen penting. Prinsip inilah yang diterapkan Facebook ketika menyediakan layanan periklanan. Facebook menginginkan agar iklan yang dipasang memiliki relevansi yang kuat dengan para audiensnya.

Konsep periklanan modern di internet kini tak sekadar berfungsi sebagai sarana promosi saja, karena relevansi antara iklan dan audiensnya juga merupakan suatu elemen penting. Prinsip inilah yang diterapkan Facebook ketika menyediakan layanan periklanan. Facebook menginginkan agar iklan yang dipasang memiliki relevansi yang kuat dengan para audiensnya.

Prinsip periklanan tersebut mendasari kemunculan relevance score sebagai salah satu metrik penilaian iklan yang penting. Penilaian terhadap keberhasilan iklan dapat Anda lakukan lebih mudah melalui metrik tersebut. Penilaian dari satu sampai sepuluh akan tampak dalam perangkat laporan (reporting tools) yang diterima pihak pengiklan.

Sekarang, Anda tentu ingin tahu lebih banyak seputar serba-serbi relevance score pada iklan Facebook. Simak ulasan lengkap berikut ini agar wawasan Anda tentang proses beriklan di Facebook semakin bertambah:

Mengapa Relevance Score Sangat Penting?

Memahami relevance score akan membantu Anda meminimalkan biaya beriklan. Semakin tinggi relevance score, maka semakin kecil pula biaya yang harus dikeluarkan. Facebook akan membantu Anda menayangkan iklan sesuai dengan waktu online target.

Misalnya, Anda bisa mendapatkan relevance score yang tinggi jika memasang iklan bir di atas jam 9 malam. Karena target iklan Anda berasal dari kalangan pria dewasa mayoritas mulai online menjelang tengah malam. Anda jadi tak perlu membuang biaya untuk memasang iklan sejak pagi hingga sore hari hanya demi relevance score yang rendah. Semakin tinggi frekuensi iklan yang Anda tampilkan, maka semakin besar pula biaya yang mesti Anda siapkan.

Bagaimana Relevance Score Bekerja?

Relevance score dihitung berdasarkan feedback positif dan negatif yang diperoleh dari audiens. Para audiens yang menjadi target iklan diharapkan bisa memberikan feedback atau respon berdasarkan pengalaman yang dirasakan. Semakin tinggi feedback positif, maka semakin besar pula relevance score yang bisa Anda dapatkan. Sementara itu, feedback negatif yang tinggi tentu berimbas pada penurunan relevance score. Biasanya relevance score juga rendah kalau pengguna internet memutuskan menyembunyikan atau melaporkan iklan karena dianggap mengganggu.

Iklan-iklan yang dipasang berdasarkan metrik reach dan frequency tidak terlalu terpengaruh oleh relevance score. Sebab iklan-iklan tersebut hanya menargetkan audiens dalam jumlah banyak tetapi tidak punya tujuan khusus seperti instalasi program tertentu.

Bagaimana Cara Menggunakan Relevance Score?

Sebenarnya, relevance score tidak dapat dijadikan sebagai patokan utama untuk mengukur keberhasilan iklan. Faktor utama keberhasilan iklan justru harus dilihat berdasarkan tercapai atau tidaknya tujuan iklan. Misalnya, Anda membuat iklan mengenai toko pizza online supaya banyak pengguna internet yang memesan melalui website. Jika omzet penjualan pizza melalui website meningkat secara signifikan setelah Anda memasang iklan, berarti iklan tersebut berhasil menarik perhatian target bisnis tanpa perlu memperhatikan apakah relevance score iklan menunjukkan nilai tinggi atau tidak.

Idealnya, Anda bisa menjadikan relevance score sebagai indikator untuk memperbaharui iklan. Kalau relevance score iklan  mulai turun setelah dipasang dalam waktu lama, kemungkinan besar audiensnya mulai bosan dengan konsep iklan tersebut.

Semoga ulasan tentang relevance score ini bermanfaat bagi Anda yang ingin beriklan di Facebook. Mulai sekarang, kenali target iklan Anda dengan baik. Buatlah sesuatu yang menarik dan istimewa supaya orang tidak berniat untuk melewatkan tayangan iklan Anda.

.