ArticlesNovember 29, 2020by skytree

4 Jenis Campaign Adwords untuk Bisnis Anda

Ulasan tentang empat campaign Adwords berikut ini akan menambah wawasan Anda, sehingga Anda bisa menentukan jenis campaign yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Efektivitas penggunaan Google Adwords untuk mendukung bisnis Anda memang tak perlu diragukan lagi. Namun, sebelum menggunakan Google Adwords, sebaiknya pahami dulu seluk beluknya secara detail. Mayoritas pengguna hanya ingin iklannya mudah ditemukan di halaman pencarian Google. Padahal, Google Adwords menyediakan beragam jenis campaign dengan tujuan berbeda-beda.

Ulasan tentang empat campaign Adwords berikut ini akan menambah wawasan Anda, sehingga Anda bisa menentukan jenis campaign yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Search Network Campaign

Jenis campaign Adwords yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang baru menggunakan Google Adwords. Dengan menggunakan jenis campaign ini, Anda dapat beriklan di mesin pencari Google untuk memotong intensi pencarian audiens. Melalui kata kunci yang relevan dengan penawaran Anda, pengguna internet dapat langsung menemukan bisnis Anda di halaman pencarian. Bahkan, iklan Anda juga bisa muncul di halaman mitra Google lainnya seperti Amazon, AOL, dan Ask.

Display Network Campaign

Display Network terdiri dari jutaan website berita, blog, dan jenis website lainnya yang menerima iklan berbentuk teks, banner, atau video. Jenis campaign ini populer dengan sebutan “interruption marketing” karena kemunculannya akan sedikit menghalangi informasi yang sedang disimak pengguna internet. Walaupun bersifat interuptif, efektivitas display network tergolong tinggi, karena kemungkinan besar ada pengguna internet yang memang sedang membutuhkan informasi tersebut. Anda wajib menentukan landing page yang tepat untuk mengarahkan pengguna internet ke website-Anda.

Shopping Network Campaign

Mengadopsi katalog konvensional di platform digital, shopping network dari Google Adwords memungkinkan pengguna internet mengakses ribuan informasi bisnis dalam satu katalog. Shopping Network cocok dimanfaatkan jika produk bisnis Anda berupa barang (bukan jasa) dan Anda punya staf customer service yang siap membantu proses belanja pelanggan. Iklan Anda tak hanya muncul ketika pengguna internet menggunakan keyword spesifik, melainkan juga ketika sistem pencarian lain memicu kemunculan Google Shopping. Saat menggunakan Shopping Network, Anda diperkenankan untuk mencantumkan foto, nama, dan harga produk tanpa tambahan teks.

Video Network Campaign

Jika Anda sering menonton Youtube, mungkin Anda mulai menyadari bahwa kemunculan video iklannya mirip dengan iklan TV. Namun, iklan TV mengharuskan Anda membayar setiap kali iklan akan diputar. Sistem pembayaran tersebut berbeda dengan iklan video di internet, karena Anda hanya perlu membayar untuk setiap iklan yang ditayangkan. Jika pengguna internet memilih untuk melewatkan iklan Anda, maka Anda tidak akan dikenakan biaya untuk iklan yang dilewati tersebut.

Para pengguna internet tinggal mengklikvideo iklan yang sedang ditayangkan agar bisa langsung mengakses website­-Anda. Kemudahan ini membuat penggunaan Video Network semakin diminati oleh para pebisnis modern.

Di antara keempat campaign Adwords tersebut, manakah yang paling cocok dengan bisnis Anda?

Anda bisa mengkombinasikan dua atau lebih campaign tersebut demi mencapai target bisnis yang sudah ditetapkan.

.