ArticlesNovember 29, 2020by skytree

3 Laporan SEO Google Analytics untuk Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencarian

Akun Google Webmasters Tools yang terintegrasi dengan akun Google Analytics dapat memberikan banyak manfaat bagi website Anda. Karena Google Analytics yang beroperasi secara mandiri tidak dapat menampilkan banyak data tentang trafik organik website, Anda membutuhkan laporan Search Engine Optimization (SEO) yang bermanfaat untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencarian.

Akun Google Webmasters Tools yang terintegrasi dengan akun Google Analytics dapat memberikan banyak manfaat bagi website Anda. Karena Google Analytics yang beroperasi secara mandiri tidak dapat menampilkan banyak data tentang trafik organik website, Anda membutuhkan laporan Search Engine Optimization (SEO) yang bermanfaat untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencarian.

Ulasan tentang tiga laporan SEO Google Analytics berikut ini akan membantu Anda memaksimalkan trafik dan peringkat website:

 1. Queries

Laporan SEO yang disebut queries akan menampilkan semua kata kunci yang berkontribusi terhadap peringkat website, jumlah akses yang diterima, serta peringkat rata-rata yang diperoleh website Anda. Data-data yang tertera pada laporan queries biasanya tertunda selama dua hari untuk proses identifikasi, sehingga Anda tak akan bisa mengakses laporan queries untuk website baru.

Sistem laporan SEO queries akan menyajikan data berdasarkan konten website yang paling banyak diakses, sehingga jumlah konten yang paling diminati audiens akan berada pada daftar teratas. Cara paling efektif untuk meningkatkan peringkat website adalah meningkatkan rasio klik tayang (click through rate) dan mengubah teks yang Anda gunakan dalam konten. Konten yang menarik dengan sistem SEO yang tepat biasanya efektif menaikkan peringkat mencapai persentase 40% sampai 50%. Jangan lupa menggunakan kata kunci yang sangat berkaitan dengan konten untuk memperbesar trafik organik website Anda.

 2. Landing Pages

Struktur laporan landing pages hampir sama dengan laporan queries. Laporan landing pages akan menunjukkan kata kunci yang berhubungan dengan peringkat website, jumlah akses yang diterima, dan peringkat rata-rata yang diperoleh website. Namun, biasanya data mengenai rasio click through rate pada laporan landing pages akan jauh lebih rendah dibandingkan hasil laporan queries. Hal ini disebabkan laporan landing pages mempertimbangkan kata kunci secara keseluruhan, bukan secara individu.

Ketika memeriksa laporan landing pages, Anda harus melakukan pemeriksaan silang dengan laporan queries. Hal tersebut tidak sulit dilakukan karena biasanya kata kunci terpopuler akan langsung mengarah ke sepuluh halaman teratas website Anda.

3. Geographical Summary

Geographical summary akan memberikan laporan mengenai negara asal pengunjung website Anda. Mempelajari tentang statistik negara asal pengunjung website merupakan strategi digital marketing yang penting bagi sebuah bisnis. Bila website Anda mendapatkan kunjungan dari negara tertentu, berarti kemungkinan besar Anda dapat melakukan ekspansi bisnis ke negara tersebut.

Anda juga bisa mengatur Google Analytics agar fokus terhadap pengunjung dari satu negara saja. Caranya yaitu dengan masuk ke akun Google Webmaster Tools, pilih website Anda lalu klik icon gear dan pilihlah site settings (pengaturan situs). Anda juga bisa menargetkan peningkatan trafik pengunjung dari berbagai negara dengan cara menerjemahkan website ke bahasa yang berbeda-beda.

Jika Anda mendapatkan data dari ketiga laporan SEO tersebut, niscaya Anda bisa memutuskan strategi terbaik untuk meningkatkan efektivitas. Tayangan iklan online atau proses bisnis e-commerce akan berlangsung lancar jika Anda mampu membidik target pasar secara tepat. Pemanfaatan Google Analytics bagi website Anda pun akan semakin maksimal.

.