ArticlesNovember 20, 2020by skytree

Kenali 5 Format Iklan yang Dapat Anda Pilih di Facebook Ads

Membahas tentang media sosial yang populer di Indonesia tentu belum lengkap jika tidak menyebut Facebook. Kini, Facebook tak sekadar menjadi media sosial untuk memperlancar komunikasi antar individu. Ternyata Facebook juga bisa dimanfaatkan sebagai media periklanan yang efektif.

Membahas tentang media sosial yang populer di Indonesia tentu belum lengkap jika tidak menyebut Facebook. Kini, Facebook tak sekadar menjadi media sosial untuk memperlancar komunikasi antar individu. Ternyata Facebook juga bisa dimanfaatkan sebagai media periklanan yang efektif.

Tahukah Anda, jika iklan di Facebook paling berpengaruh terhadap keputusan masyarakat saat berbelanja online?

Berdasarkan survei DailySocial tahun 2016, peran Facebook dalam mempengaruhi keputusan belanja online masyarakat mencapai angka 38%. Hal tersebut tak mengherankan, karena Indonesia adalah negara dengan pengguna Facebook terbanyak keempat di dunia. Fenomena inilah yang membuat Anda perlu lebih jeli dalam memanfaatkan Facebook untuk beriklan. Sebelum mulai beriklan, kenali dahulu 5 format iklan yang dapat Anda pilih di Facebook Ads sehingga Anda bisa memilih format yang paling sesuai untuk produk, jasa, atau event yang akan diperkenalkan:

Facebook Feed

Format iklan yang satu ini dapat muncul pada Facebook Feed para pengguna dan terdiri dari gambar dan teks sepanjang 125 karakter. Jika Anda ingin menggunakan tautan, format iklan terdiri dari judul sepanjang 25 karakter, gambar, dan keterangan tautan sepanjang 30 karakter. Anda perlu menyertakan gambar dengan resolusi minimal 1200 x 628 pixel agar iklan di Facebook Feed jadi lebih menarik. Rasio gambar yang dibutuhkan untuk iklan di Facebook Feed yaitu 16:9.

Facebook Right Column

Ketika sedang menggunakan Facebook di laptop atau komputer, Anda pasti pernah melihat iklan yang muncul di kanan kolom Facebook. Format iklan yang satu ini hanya muncul pada Facebook versi desktop. Teks dan gambar pada format iklan ini tak berbeda dengan iklan pada Facebook Feed. Anda harus menyiapkan gambar dengan rasio 16:9 dan resolusi minimal 1200 x 628 pixel. Sedangkan untuk iklan dengan link, ada batasan berupa judul sepanjang 25 karakter dan keterangan link 30 karakter.

Instagram Stories

Facebook Ads juga bisa memfasilitasi pemasangan iklan dalam format Instagram Stories. Jenis iklan ini memiliki durasi 5 detik atau hingga pengguna Instagram mengusap (swipe) untuk melihat Instagram Stories lainnya. Anda wajib menyiapkan gambar dengan resolusi 1080 x 1620 pixel untuk iklan di Instagram Stories. Jangan lupa juga untuk menyisakan ruang kosong tanpa logo atau tulisan pada 14% bagian atas dan bawah layar, sehingga para pengguna Instagram tidak kesulitan melihat profil Instagram yang akan Anda tampilkan.

Instagram Feed

Selain iklan di Instagram Stories, Anda juga dapat memasang iklan di Instagram Feed. Iklan yang Anda pasang akan muncul di antara unggahan pengguna Instagram lainnya. Beberapa syarat yang harus dipenuhi pada iklan Instagram Feed yaitu ukuran gambar maksimal 30 MB dengan format JPG atau PNG, resolusi 1936 x 1936 pixel, lebar gambar maksimal 500 pixel, panjang teks maksimal 2.200 karakter, dan jumlah hashtag (#) maksimal 30.

Audience Network

Format iklan Audience Network mampu memperkuat hubungan antara iklan dengan kebutuhan pengguna internet. Misalnya, ketika ada pengguna internet yang baru mengakses situs X maka iklan mengenai situs tersebut bisa muncul pada Facebook Feed pengguna internet tersebut. Anda harus menyiapkan gambar iklan dengan ukuran minimal 254 x 133 pixel. Persyaratan iklan lainnya sama dengan iklan pada Facebook Feed. Anda dapat memasukkan teks sepanjang 125 karakter atau judul sepanjang 25 karakter dengan keterangan 30 karakter untuk iklan yang dilengkapi link.

Memasang iklan melalui Facebook jadi lebih mudah jika Anda sudah mengetahui berbagai format iklannya. Menyukseskan bisnis atau event menjadi semakin menyenangkan bersama Facebook Ads andalanmu.

.