ArticlesDecember 7, 2020by skytreeLebih Dekat dengan Aplikasi Campaign Monitor dan Berbagai Fiturnya

Konsep email marketing merupakan salah satu strategi bisnis yang penting di zaman modern. Salah satu pilihan aplikasi yang kerap digunakan pebisnis untuk menjalankan strategi email marketing adalah Campaign Monitor.
https://www.skytreedgtl.com/wp-content/uploads/2020/12/article-headimg-56-1024x640.jpg

Konsep email marketing merupakan salah satu strategi bisnis yang penting di zaman modern. Melalui penggunaan email marketing, suatu bisnis dapat berinteraksi lebih intensif dengan pelanggan dan calon pelanggannya. Itulah sebabnya pemilihan aplikasi email marketing harus dilakukan secara cermat agar manfaatnya bagi perkembangan bisnis semakin maksimal. Salah satu pilihan aplikasi yang kerap digunakan pebisnis untuk menjalankan strategi email marketing adalah Campaign Monitor.

Apa Itu Campaign Monitor?

Campaign Monitor adalah suatu platform penyedia layanan email marketing yang fitur-fiturnya dirancang khusus untuk mendukung strategi pemasaran digital. Hampir sama seperti beberapa layanan email marketing seperti Mailchimp, GetResponse, dan Mad Mimi, Campaign Monitor memiliki beberapa fitur utama, yaitu:

  • Pengiriman email secara massal (broadcast message).
  • Program penjawab otomatis (autoresponders) yang aktif setelah ada tindakan tertentu dari pengguna internet, misalnya sesaat setelah ada pengguna internet yang bergabung dengan milis atau membeli produk.
  • Sistem untuk menganalisis hasil email marketing.

Biaya yang Harus Disiapkan untuk Layanan Campaign Monitor

Campaign Monitor menawarkan tiga paket layanan yaitu basic, unlimited, dan premier. Ketiga paket tersebut memberikan benefit sebagai berikut:

  • Mengakses kumpulan template serta menempatkan fitur drag and drop untuk membuat pesan baru.
  • Membuat mailing list dan melakukan broadcast message.
  • Mengakses performa email marketing dalam bentuk statistik.
  • Mengakses support melalui email.

Sedangkan perbedaan pada ketiga paket layanan Campaign Monitor tersebut antara lain:

  • Paket basic membatasi jumlah email yang dapat dikirim dalam periode bulan tertentu. Pembatasan jumlah tersebut tergantung dari jumlah email yang sudah dimiliki dalam milis bisnis. Misalnya, pebisnis dapat mengirim 250.000 pesan dalam satu bulan bila memiliki anggota milis sebanyak 5.000 orang atau dapat mengirim 250.000 pesan dalam satu bulan bila memiliki anggota milis sebanyak 30.000 orang. Paket ini juga membatasi kemampuan autoresponders untuk melakukan tindakan sederhana saja. Biaya yang harus disiapkan untuk paket ini berkisar antara 9 USD hingga 299 USD per bulan.
  • Paket unlimited menghilangkan batasan jumlah email yang dapat dikirimkan ke anggota milis. Para pebisnis yang menggunakan paket ini juga dapat melakukan eksplorasi terhadap layanan autoresponders. Selain itu, pebisnis juga akan memperoleh akses email yang lebih cepat serta beberapa opsi pengujian untuk inbox dan spam, serta penyesuaian waktu pengiriman buletin agar cocok dengan zona waktu penerima email. Pebisnis harus menyiapkan biaya bulanan berkisar antara 29 USD hingga 699 USD bila ingin menggunakan paket unlimited.
  • Paket premier memungkinkan penggunanya mendapatkan akses telepon serta mengontrol template agar tidak merilis informasi yang kurang bermanfaat. Fitur penting lainnya yang hanya ada pada paket premier adalah penyesuaian waktu pengiriman buletin agar peluang aksesnya semakin besar. Campaign Monitor akan membantu pengiriman buletin bisnis supaya berdekatan dengan waktu akses email yang dilakukan pengguna internet. Biaya yang dibutuhkan untuk paket ini adalah yang paling besar, yaitu antara 149 USD hingga 889 USD per bulan.

Pilihan Template yang Bervariasi

Template yang variatif adalah salah satu keunggulan yang dimiliki Campaign Monitor dibandingkan kompetitor lainnya. Campaign Monitor menyediakan kurang lebih 50 template yang tampak menarik sekaligus terkesan profesional. Setiap template juga didesain secara teliti agar bersifat responsif (mampu menyelaraskan tampilan sesuai dengan perangkat yang digunakan untuk mengakses, misalnya akses dari smartphone atau Personal Computer (PC)). Biasanya pengguna Campaign Monitor juga tidak pernah mengalami masalah dengan template pilihannya.

Penggunaan email marketing yang sistematis adalah salah satu strategi tepat untuk mempopulerkan bisnis melalui internet. Jadi, tak ada salahnya menyiapkan bujet khusus untuk menggunakan aplikasi email marketing berkualitas seperti Campaign Monitor. Proses analisis terhadap efektivitas email marketing pun akan berlangsung mudah dengan bantuan aplikasi yang tepat.

Glosarium

Tiga istilah yang paling sering ditemukan pada aplikasi Campaign Monitor ialah:

Bounced Email

Email yang gagal terkirim karena masalah pada server atau dianggap sebagai spam. Data mengenai bounced email biasanya dapat dikumpulkan untuk mengukur kuantitas pelanggan yang tidak menerima email.

Click-Through Rate (CTR)

Ukuran yang menganalisis kuantitas orang yang meng-klik hyperlink, Call To Action (CTA), atau gambar dalam email tertentu.

Conversion

Tindakan yang terjadi ketika pelanggan melakukan tindakan penting yang berhubungan dengan email marketing, misalnya membeli produk dari online store atau berlangganan e-buletin.