ArticlesDecember 7, 2020by skytreeMailchimp: Platform Email Marketing Otomatis untuk Mendukung Bisnis Modern

Strategi email marketing dapat diterapkan secara mudah dengan memanfaatkan platform yang beroperasi secara otomatis. Salah satu platform email marketing otomatis yang sangat populer di dunia bisnis adalah Mailchimp.
https://www.skytreedgtl.com/wp-content/uploads/2020/12/article-headimg-69-1024x640.jpg

Era Internet of Things (IoT) menuntut semua bidang bisnis untuk memanfaatkan kecanggihan internet semaksimal mungkin, karena proses marketing konvensional kini dianggap tak cukup lagi untuk memasarkan bisnis. Itulah sebabnya konsep email marketing semakin diminati karena praktis dan dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

Strategi email marketing dapat diterapkan secara mudah dengan memanfaatkan platform yang beroperasi secara otomatis. Salah satu platform email marketing otomatis yang sangat populer di dunia bisnis adalah Mailchimp.

Mengenal Mailchimp dan Kegunaannya

Mailchimp adalah aplikasi yang menyediakan layanan otomatisasi email pemasaran (marketing automation form and email marketing services). Jika diartikan secara sederhana, layanan Mailchimp memungkinkan pebisnis dan tim marketing untuk mengirimkan email ke beberapa penerima sekaligus pada waktu yang sama.

Layanan email marketing tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan Amerika Serikat pada tahun 2001. Sejak diperkenalkan secara umum hingga saat ini, Mailchimp berhasil menjadi platform email marketing yang paling banyak digunakan di dunia karena prinsip penggunaannya praktis dan fitur-fiturnya yang canggih.

Berbagai Keunggulan Mailchimp

  • Penggunaan Mailchimp dapat membantu pebisnis untuk mengirimkan hingga 2.000 email kepada member bisnis secara bersamaan secara gratis.
  • Menyediakan banyak model campaign yang bebas dipilih sesuai kebutuhan pengguna. Selain email, Mailchimp juga memiliki template campaign berupa landing pages, postcard, ads, dan aneka model lain. Konsep drag and drop akan mempermudah pengguna Mailchimp untuk membuat campaign tanpa keahlian khusus.
  • Proses pengiriman email marketing secara otomatis bisa digunakan untuk berbagai keperluan, contohnya mengingatkan transaksi pembelian yang belum diselesaikan pelanggan, ucapan selamat ulang tahun, rekomendasi produk terbaru, dan notifikasi setelah menyelesaikan proses pembelian.
  • Mailchimp dapat diintegrasikan dengan banyak aplikasi dan perangkat lain seperti WordPress, Facebook, Twitter, Shopify, SurveyMonkey, dan EventBrite.
  • Pemantauan efektivitas Mailchimp yang terintegrasi dengan berbagai aplikasi dan perangkat tergolong sangat mudah. Dengan demikian, pebisnis dapat menentukan strategi marketing digital lanjutan setelah memperoleh hasil analisis dari Mailchimp.

Glosarium Mailchimp

Tiga istilah yang kerap ditemui saat menggunakan Mailchimp diantaranya:

A/B Tests

A/B tests merupakan pembuatan dua versi aset digital untuk meninjau manakah yang mendapatkan respon terbaik dari para pelanggan, contohnya membuat campaign berupa landing pages, display ad, email marketing, dan social post. 

Dalam A/B tests email di Mailchimp, sebagian pelanggan akan menerima versi A dan sebagian lainnya lagi menerima versi B. Kinerja masing-masing versi tersebut akan diukur berdasarkan pencapaian conversion rate, misalnya jumlah orang yang mengisi formulir, mengakses link, atau melakukan pembelian. Versi yang memiliki hasil terbaik akan dikirim ke sisa pelanggan lainnya secara otomatis setelah melewati rentang waktu tertentu.

Email Automation

Automation adalah penerapan aturan email yang diberlakukan berdasarkan tindakan spesifik yang dilakukan pelanggan. Beberapa contoh email automation yaitu mengirimkan email selamat datang kepada pelanggan yang baru bergabung di milis atau mengirim email pengingat kepada pelanggan yang memasukkan barang ke keranjang belanja tetapi tak kunjung menyelesaikan pembeliannya.

Otomatisasi email akan meringankan kinerja pebisnis sehingga waktu senggang yang ada bisa digunakan untuk hal-hal penting lainnya. Di samping itu, otomatisasi email juga membantu pelanggan mempelajari banyak hal tentang suatu bisnis sehingga menggugah mereka untuk kembali berbelanja.

Spam

Spam dapat disetarakan dengan digital junk mail. Biasanya spam dapat berupa email, pesan teks, pesan langsung dari media sosial, atau bentuk komunikasi lain yang tidak diminta dan tidak diinginkan. Dalam email, pebisnis perlu menyediakan cara mudah untuk berhenti berlangganan dalam templatenya agar tidak dianggap sebagai spam.

Implementasi strategi marketing untuk bisnis modern bisa direalisasikan secara efektif dengan mengandalkan Mailchimp. Oleh sebab itu, para pebisnis dan pihak-pihak yang berkecimpung di bidang marketing harus sigap memanfaatkan Mailchimp demi mencapai tujuan bisnis dan meraih sales yang diinginkan.


Artikel ditulis oleh: William Jakfar

.