ArticlesNovember 20, 2020by skytree

Pahami Tipe Tujuan Periklanan Sebelum Memasang Iklan Facebook

Sebelum menentukan tujuan iklan, tentu saja Anda harus memahami tujuan periklanan itu sendiri. Kini, tujuan periklanan bukan sekadar mempopulerkan produk atau jasa dari suatu bisnis. Banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk mencapai tujuan periklanan secara maksimal.

Sebelum menentukan tujuan iklan, tentu saja Anda harus memahami tujuan periklanan itu sendiri. Kini, tujuan periklanan bukan sekadar mempopulerkan produk atau jasa dari suatu bisnis. Banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk mencapai tujuan periklanan secara maksimal.

Anda patut memahami tiga elemen penting ini sebelum memasang iklan:

  • Awareness: Iklan yang membangkitkan minat terhadap produk atau jasa.
  • Consideration: Iklan yang membuat orang yang menyaksikan iklan ingin mencari tahu tentang bisnis Anda lebih lanjut.
  • Conversion: Iklan yang mengubah rasa ketertarikan audiens menjadi minat untuk membeli produk atau jasa Anda.

Apabila sudah memahami tiga hal tersebut, selanjutnya Anda bisa mencapai beberapa tujuan periklanan ini secara mudah.

Brand Awareness

Iklan yang berkualitas harus bisa membuat para audiensnya selalu ingat dengan brand dalam iklan tersebut. Tipe iklan yang masuk kategori awareness ini bertujuan untuk membuat tingkat kesadaran masyarakat terhadap brand Anda terus meningkat. Jenis konten iklan yang diminati umumnya berupa gambar, video, slideshow, atau beberapa gambar dalam bentuk carousel.

Reach

Demi memaksimalkan perkembangan bisnis Anda, tipe iklan yang masuk kategori awareness ini memastikan bahwa iklan yang Anda pasang disaksikan oleh sebanyak-banyaknya orang, terutama orang-orang yang berada dalam lingkup target bisnis Anda. Selain memilih media sosial dan konten yang tepat, waktu memunculkan iklan juga harus diperhatikan, karena setiap media sosial memiliki prime time yang berbeda. Pada umumnya, media sosial yang paling efektif untuk memperoleh perhatian dari pengguna internet adalah Facebook dan Instagram.

Traffic

Untuk meningkatkan traksi ketertarikan, Anda patut memasang iklan di internet untuk mendukung peningkatan trafik ke saluran digital yang dimiliki. Jenis iklan yang termasuk dalam kategori consideration ini bertujuan untuk meningkatkan sebanyak-banyaknya kunjungan ke website maupun aplikasi. Iklan yang dipasang di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Audience Network akan membuat para audiens tertarik untuk mengunjungi saluran digital yang Anda miliki.

App Installs

Perkembangan teknologi membuat para pengembang melakukan berbagai cara untuk mempopulerkan aplikasi buatannya, salah satu caranya adalah dengan memasang iklan di media sosial. Iklan berjeniskan consideration ini akan mengarahkan pengguna internet ke App Store agar bisa mengunggah aplikasi yang diiklankan. Platform yang biasanya digunakan untuk tujuan ini adalah Facebook, Instagram, Messenger, dan Audience Network.

Engagement

Event yang bersifat sosial juga harus diiklankan untuk menggugah partisipasi para pengguna internet. Jika Anda ingin mempopulerkan sebuah event, mengumpulkan petisi atau memperkenalkan page pribadi, tentu saja Anda harus memasang iklan. Jenis iklan consideration ini digunakan untuk menjalin engagement dengan pengguna internet lainnya.

Video Views

Konsep periklanan video modern tentu tak bisa lepas dari konten audio visual berupa video. Promosi film, peluncuran produk, dan cerita di balik layar (behind the scene) selalu dibuat dalam bentuk video. Iklan jenis consideration ini digunakan untuk mempublikasikan video dengan durasi tertentu untuk dipasang di platform Facebook, Instagram, dan Audience Network. Dengan begitu, iklan tersebut dapat mendapatkan penonton (viewers) dalam jumlah banyak.

Conversion

Tujuan periklanan yang satu ini dilakukan untuk meningkatkan konversi website, aplikasi Facebook, atau aplikasi mobile. Jenis iklan conversion ini bisa digunakan platform Facebook, Instagram, Messenger, atau Audience Network untuk mencapai tujuan conversion.

Di antara ketujuh tujuan periklanan tersebut, manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Mulailah membuat perencanaan matang agar Anda bisa mencapai tujuan iklan yang lebih tepat.

.